Musik Jazz
Jazz
([Jes]) adalah aliran musik yang berasal dari Amerika Serikat pada awal
abad ke-20 dengan akar-akar dari musik Afrika dan Eropa. Musik jazz
banyak menggunakan gitar, trombon, piano, trompet, dan saksofon. Elemen
penting dalam jazz adalah blue notes, improvisasi, polyrhythms,
sinkopasi, dan shuffle note.
Meskipun
banyak upaya telah dilakukan untuk menentukan jazz dari sudut pandang
di luar jazz, seperti menggunakan sejarah musik Eropa atau musik Afrika,
kritikus jazz Joachim Berendt berpendapat bahwa semua upaya tersebut
tidak memuaskan. Salah satu cara untuk berkeliling masalah definisi
adalah untuk mendefinisikan jazz "istilah" lebih luas. Berendt
mendefinisikan jazz sebagai bentuk "seni musik yang berasal dari Amerika
Serikat melalui konfrontasi orang kulit hitam dengan musik Eropa", ia
berpendapat bahwa jazz berbeda dari musik Eropa dalam jazz yang memiliki
hubungan "khusus untuk waktu, yang didefinisikan sebagai 'ayunan' ","
sebuah spontanitas dan vitalitas produksi musik di mana improvisasi
memainkan peran ", dan" kemerduan dan cara ungkapan yang cermin
individualitas dari musisi jazz melakukan ".
Travis
Jackson juga mengusulkan definisi yang lebih luas dari jazz yang mampu
mencakup seluruh era yang berbeda secara radikal: ia menyatakan itu
adalah musik yang mencakup kualitas seperti "berayun", improvisasi,
interaksi kelompok, mengembangkan sebuah" suara individu, dan menjadi
'terbuka' untuk kemungkinan musik yang berbeda Krin Gabbard mengklaim
bahwa" jazz adalah membangun "atau kategori yang, sementara buatan,
masih berguna untuk menunjuk" sejumlah musics dengan cukup umum harus
dipahami sebagai bagian dari sebuah tradisi yang koheren ".
Sementara
jazz mungkin sulit untuk menentukan, improvisasi jelas salah satu
elemen kunci. Awal blues pada umumnya terstruktur sekitar pola
panggilan-dan-respon yang berulang, unsur umum dalam tradisi lisan
Afrika Amerika. Suatu bentuk musik rakyat yang meningkat di bagian dari
lagu kerja dan bidang hollers Hitam pedesaan, blues awal juga sangat
improvisasi. Fitur-fitur ini mendasar dengan sifat jazz.
Dalam
unsur-unsur musik klasik Eropa interpretasi, ornamen dan pendampingan
kadang-kadang kiri ke kebijaksanaan yang berprestasi itu, tujuan utama
adalah pemain memainkan komposisi seperti yang tertulis.
Dalam
jazz, Namun, pemain ahli akan menafsirkan sebuah lagu dengan cara yang
sangat individu, tidak pernah memainkan komposisi yang sama persis
dengan cara yang sama dua kali. Tergantung mood pemain dan pengalaman
pribadi, interaksi dengan sesama musisi, atau bahkan anggota audiens,
seorang musisi jazz / pemain dapat mengubah melodi, harmoni atau waktu
penandatanganan di akan. musik klasik Eropa telah dikatakan media
komposer. Jazz, namun, sering ditandai sebagai produk kreativitas
egaliter, interaksi dan kolaborasi, menempatkan nilai yang sama pada
kontribusi dari komposer dan pelaku, 'tangkas berat [ing] klaim
masing-masing komposer dan improvisasi' .
Di
New Orleans dan Dixieland jazz, performer bergantian bermain melodi,
sementara yang lain countermelodies improvisasi. Dengan era swing, big
band datang untuk lebih mengandalkan musik diatur: pengaturan entah
tertulis atau dipelajari oleh telinga dan hafal - banyak artis jazz awal
tidak bisa membaca musik. solois Individu akan berimprovisasi dalam
pengaturan ini. Kemudian, di bebop fokus bergeser ke arah
kelompok-kelompok kecil dan pengaturan minimal; melodi (dikenal sebagai
kepala "") akan dinyatakan secara singkat pada awal dan akhir bagian,
tapi inti dari kinerja akan menjadi serangkaian improvisasi dalam
tengah. Kemudian gaya jazz seperti jazz modal meninggalkan gagasan ketat
kemajuan akord, yang memungkinkan individu musisi berimprovisasi bahkan
lebih bebas dalam konteks skala tertentu atau mode. avant-garde dan
idiom jazz bebas izin, bahkan memanggil, meninggalkan chords, sisik, dan
meter berirama.
Telah
lama ada perdebatan di komunitas jazz atas definisi dan batas-batas
"jazz". Meskipun perubahan atau transformasi jazz oleh pengaruh baru
awalnya sering dikritik sebagai kehinaan "," Andrew berpendapat Gilbert
jazz yang memiliki kemampuan "untuk menyerap dan mengubah pengaruh" dari
gaya musik yang beragam. Sementara beberapa penggemar jenis tertentu
jazz berpendapat untuk definisi sempit yang mengecualikan berbagai jenis
musik juga dikenal sebagai "jazz", musisi jazz sendiri sering enggan
untuk mendefinisikan musik mereka bermain. Duke Ellington menyimpulkan
dengan mengatakan, "Ini semua musik." Beberapa kritikus bahkan
menyatakan bahwa musik Ellington bukanlah jazz karena diatur dan
mengatur. Pada teman sisi lain Ellington dua puluh solo Earl Hines's
"transformatif versi "komposisi Ellington (pada Earl Hines Dimainkan
Duke Ellington dicatat pada tahun 1970) yang dijelaskan oleh Ben
Ratliff, New York Times kritikus jazz, seperti" sebagai contoh yang baik
dari proses jazz sebagai sesuatu di luar sana ".
Berorientasi
komersial atau populer yang dipengaruhi musik jazz bentuk memiliki
keduanya lama dikritik, setidaknya sejak munculnya Bop. penggemar jazz
tradisional telah diberhentikan Bop, tahun 1970-an jazz [era fusi dan
banyak lain] sebagai periode penurunan nilai komersial dari musik.
Menurut Bruce Johnson, musik jazz selalu memiliki ketegangan "antara
jazz sebagai musik komersial dan bentuk seni" catatan Gilbert itu.
Sebagai gagasan tentang kanon jazz adalah berkembang, "prestasi masa
lalu" dapat menjadi "... istimewa atas kreativitas istimewa ..." dan
inovasi seniman saat Village Voice. jazz kritikus Gary Giddins
berpendapat bahwa sebagai penciptaan dan penyebaran jazz semakin
dilembagakan dan didominasi oleh perusahaan hiburan besar, jazz adalah
menghadapi "sebuah. .. masa depan berbahaya kehormatan dan penerimaan
tertarik "David Ake. memperingatkan bahwa penciptaan" norma "dalam jazz
dan pembentukan tradisi jazz" "mungkin mengecualikan atau sampingan
lainnya yang lebih baru, avant-garde bentuk jazz . Kontroversi juga
muncul lebih dari bentuk-bentuk baru jazz kontemporer dibuat di luar
Amerika Serikat dan berangkat secara signifikan dari gaya Amerika Di
satu pandangan mereka merupakan bagian penting dari pengembangan saat
ini jazz itu;. di lain mereka kadang-kadang dikritik sebagai penolakan
terhadap tradisi jazz penting.
0 komentar: