Obat Batuk Tradisional

05.25 Unknown 1 Comments

Obat Batuk Tradisional Yang Ampuh Dan Manjur
Siapa pun dapat terserang penyakit batuk tanpa di duga. Terlebih lagi jika terserang batuk berdahak yang tentunya sangat mengganggu aktifitas. Dengan banyaknya dahak tentu akan membuat kita lebih sering batuk-batuk untuk mengeluarkan dahaknya. Belum lagi jika waktu tidur sudah datang, tidur tidak nyenyak dan terganggu karena gangguan si batuk ini.
Untuk dahak sendiri biasanya muncul dari tetesan yang berasal dari belakang hidung, yang mana tetesan atau mukus tersebut kemudian turun ke bagian tenggorokan lalu menimbulkan iritasi. Dan hal inilah yang kemudian dapat berubah menjadi batuh berdahak. Batuk adalah suatu bentuk reaksi tubuh untuk mengeluarkan benda asing yang masuk ke dalam saluran pernapasan. Benda asing contohnya dapat berupa debu, lendir, atau benda asing lainnya. Dan hal ini tentunya merupakan suatu reaksi normal dan berguna untuk melindungi diri. Saat kita sedang batuk bararti ada suatu proses pengusiran udara secara kasar untuk membersihkan paru-paru.
Penyebab batuk bermacam-macam, namun gejala batuk ringan yang sering kali menghampiri biasanya disebabkan oleh masuk angin, gejala influenza dan perubahan musim. Batuk juga perlu di waspadai jika setelah sekian lama tidak sembuh dan semakin parah. Karena bisa jadi merupakan gejala suatu penyakit yang kronis dan berbahaya.
Banyak obat untuk meredakan batuk beredar di sektar kita, baik itu batuk kering atau batuk berdahak. Namun perlu di perhatikan juga komposisi dan takarannya, agar obat batuk tersebut dapat bekerja dengan maksimal. Namun, jika Anda ingin mengobati batuk dengan cara yang lebih alami maka Anda bisa menggunkan bahan alami yang terdapat di sekitar kita. Contohnya adalah seperti di bawah ini :
1. Jahe.
Jahe tentunya mudah di temukan di sekitar kita. Selain sebagai bumbu dapur ternyata jahe juga bermanfaat untuk pereda batuk yang ampuh dan manjur. Selain memberikan rasa hangat dan  melega tenggorokan, kandungan pada jahe juga terdapat antibiotik alami yang akan melawan bakteri pemicu batuk. Selain itu sistem kekebalan tubuh pun akan ikut menguat dengan konsumsi jahe. Anda tertarik dengan obat batuk alami jahe ini? Caranya pun sangat mudah yakni dengan  mengkonsumsi ramuan jahe hangat minimal sekali dalam sehari. Caranya yakni dengan mencampurkan jahe dengan tambahan sedikit kencur yang di haluskan kemudian seduh dengan air panas.
2. Air Jeruk Nipis.
Cara ini telah lama di percaya sangat ampuh untuk redakan batuk. Dan saat ini pun masih banyak di gunakan orang-orang untuk meredakan batuk, caranya yakni dengan membelah jeruk nipis kemudian peras airnya dan tambahkan sedikit kecap atau madu. ramuan perasan air jeruk nipis tersebut minum dua sampai tiga kali sehari. Dan dalam waktu singkat batuk pun akan menghilang
3. Daun sirih.
Daun sirih tidak hanya baik untuk perawatan dan kesehatan organ kewanitaan saja. Ternyata daun sirih dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit batuk dengan cara mengambil sarinya. Caranya cukup mudah yakni dengan mengambil beberapa lembar daun sirih lalu rebus bersama tiga gelas air. Setelah itu biarkan rebusan mendidih dan tunggu sampai menjadi satu gelas, lalu saring dan minum saat hangat. Bila perlu tambahkan sedikit jahe untuk mendapatkan rasa lebih nikmat dan manfaat lebih maksimal
Nah, itulah bahan alami pereda batuk yang ampuh yang mana dapat Anda coba sendiri di rumah. Semoga bermanfaat dan batuk pun cepat menghilang

sumber : http://buletinkesehatan.com/obat-batuk-tradisional-yang-ampuh-dan-manjur/

You Might Also Like

1 komentar: