Mengapa Tubuh Perlu Insulin ?

05.18 Unknown 1 Comments

Insulin merupakan hormon yang diproduksi oleh sel beta di dalam pankreas. Hormon insulin yang diproduksi oleh tubuh dikenal juga sebagai sebutan insulin endogen. Tanpa insulin, tubuh tidak dapat memanfaatkan makanan yang kita makan. Makanan dipecah di dalam lambung dan usus menjadi bahan kimia sederhana, seperti glukosa dan asam lemak, yang berperan sebagai bahan bakar untuk segala aktivitas tubuh. Bahan kimia sederhana tersebut juga menyediakan bahan dasar untuk pertumbuhan atau mengganti sel-sel tubuh yang mati. Jika kelebihan bahan kimia tersebut disimpan untuk digunakan kembali pada saat dibutuhkan.
Namun, ketika kalenjar pankreas mengalami gangguan sekresi guna memproduksi hormon insulin, disaat inilah tubuh membutuhkan hormon insulin dari luar tubuh, dapat berupa obat buatan manusia atau dikenal juga sebagai sebutan insulin eksogen.
Pada penderita diabetes, makanan dipecah seperti biasanya, tetapi karena tubuh kekuranngan insulin, kelebihan glukosa tidak disimpan, tetapi menumpuk di dalam aliran darah. Ketika glukosa meningkat melebihi batas normal, sisanya akan dibuang ke dalam urin melalui ginjal.
Organ tubuh lain yang memiliki peranan penting dalam mengolah makanan yaitu hati. Hati mengubah bahan kimia sederhana menjadi zat kompleks yang kemudian disimpan untuk digunakan kembali nantinya. Hati juga memungkinkan pemecahan kembali zat kompleks tersebut pada saat dibutuhkan. Proses ini dikendalikan oleh insulin. Bila tidak ada insulin, glikogen dipecah menjadi glukosa yang akan keluar dari hati menuju aliran darah kemudian dikeluarkan melalui urin. Dengan adanya insulin yang cukup proses pemecahan tersebut tidak terjadi, sehingga glukosa tetap disimpan dalam bentuk glikogen.
Insulin memastikan keseimbangan antara produksi dan penyimpanan glukosa tetap terjaga. Dengan cara ini insulin tetap mempertahankan kadar gula darah dalam tingkat yang normal. Insulin juga berperan penting dalam mengatur pengolahan asam amino dan asam lemak yang merupakan produk pemecahan protein dan lemak.
Pada orang yang tidak menderita diabetes, insulin diproduksi oleh pancreas dan dilepaskan ke dalam darah segera setelah kadar gula darah mulai meningkat setelah makan. Insulin keluar secara langsung dari pancreas menuju hati. Pada penderita diabetes, proses pengaturan gula darah tidak bekerja. Penderita diabetes tipe 2 masih dapat memproduksi insulin, tetapi jumlahnya tidak cukup sehingga tidak cukup untuk menjaga kadar gula darah normal. Sedangkan penderita diabetes tipe 1, memiliki sedikit atau bahkan tidak ada sama sekali insulin, sehingga membutuhkan suntikan insulin untuk dapat menjaga kadar gula darah agar tetap normal.

sumber : http://buletinkesehatan.com/mengapa-tubuh-memerlukan-insulin/

You Might Also Like

1 komentar: