Tanda - tanda Introvert

20.47 Unknown 1 Comments

Introvert adalah jenis kepribadian di mana seseorang lebih menikmati saat-saat sendiri, tertutup, dan cenderung lebih pendiam. Sebaliknya, tipe kepribadian ekstrovert ditandai dengan sifat terbuka, suka bergaul dengan orang lain, dan menikmati saat menjadi pusat perhatian.
1. Anda pergi ke berbagai acara, namun tidak untuk menemui orang lain
Anda memiliki ketertarikan untuk mengikuti berbagai acara publik, seperti pesta, konser musik, atau pameran. Namun, tujuan Anda mendatangi tempat-tempat tersebut adalah untuk menikmati pertunjukan utama yang tersaji di dalamnya, dan bukan untuk menemui orang-orang yang kebetulan juga menghadiri acara tersebut.
2. Tdak menikmati basa-basi
Basa-basi atau melakukan pembicaraan-pembicaraan kecil memang terkadang dilakukan karena adat istiadat, kebudayaan, dan norma kesopanan. Kebanyakan orang introvert sama sekali tidak menikmati saat-saat berbasa-basi. Mereka lebih suka berbicara langsung ke pokok permasalahan. Basa-basi dianggap sebagai sebuah aktivitas yang tidak perlu dan hanya membuang waktu serta energi.
3. Orang lain sering menganggap Anda terlalu serius dan pendiam
Seorang introvert memiliki pembawaan yang serius, tidak banyak bicara, cenderung pemurung, dan seolah selalu sedang memikirkan sesuatu. Jika banyak teman atau saudara yang mengatakan bahwa Anda terlalu terlihat serius dan perlu tampil lebih ceria lagi, besar kemungkinan bahwa Anda adalah seorang introvert.
4. Sering merasa sepi di tengah-tengah keramaian
Seringkah Anda merasa seperti orang asing di tengah-tengah acara publik, semisal dalam sebuah pesta atau pertemuan? Seringkah Anda mengalami saat-saat sendiri, tidak memiliki orang untuk diajak bicara dalam sebuah acara yang berisi teman-teman maupun saudara anda? Jika jawaban anda untuk dua pertanyaan tersebut adalah "ya," maka Anda memiliki tanda-tanda sebagai seorang introvert.
5. Membangun relasi terasa sebagai suatu hal yang berat
Kemampuan untuk menjalin hubungan dengan orang-orang yang potensial merupakan salah satu kunci kesuksesan. Bagi orang introvert, aktivitas membangun relasi bisa menjadi suatu hal yang sangat berat untuk dilakukan. Mereka merasa lebih mudah untuk membaca ratusan halaman atau mempelajari puluhan teori daripada harus berbicara dan berhubungan dengan orang lain, bahkan demi kesuksesan mereka sendiri.
6. Tidak mudah merasa bosan
Salah satu keunggulan orang introvert daripada ekstrovert adalah daya konsentrasi mereka yang lebih tinggi. Seorang introvert mampu bertahan lebih lama mengerjakan suatu tugas yang tampak membosankan. Ia bisa berjam-jam nonstop melakukan aktivitas tertentu tanpa berhenti, dan yang lebih hebat lagi, mereka sangat menikmati aktivitas tersebut.
7. Susah berkonsentrasi di tengah-tengah keramaian
Daya konsentrasi seorang introvert yang sangat tinggi bisa menurun drastis jika ia berada di tengah keramaian. Seorang introvert jauh lebih nyaman mengerjakan pekerjaan-pekerjaannya sendirian, tanpa kehadiran orang lain. Ia akan mengalami kesulitan konsentrasi yang cukup besar saat berada di tengah kondisi yang ramai, situasi yang bisa membuatnya merasa tidak nyaman.
8. Berinteraksi secara personal dengan beberapa orang terasa jauh lebih menyusahkan daripada saat berpidato di depan ribuan orang
Hal ini diungkapkan oleh beberapa selebritis yang memiliki sifat introvert, seperti Emma Watson, Christina Aguilera, dan Lady Gaga. Orang dengan sifat introvert merasa sangat kesulitan saat harus berinteraksi secara personal. Interaksi yang dilakukan secara publik, semisal memberikan pidato, terasa lebih mudah karena jumlah perhatian dan perasaan yang diberikan tidak sebesar dalam interaksi personal.
9. Sering merasa kelelahan setelah berinteraksi dengan banyak orang
Bagi seorang introvert, berbicara, bercakap-cakap, dan berinteraksi dengan orang lain terasa sebagai suatu hal yang sangat melelahkan; baik secara fisik maupun mental. Aktivitas tersebut dianggap sebagai suatu hal yang sangat menyita tenaga dan konsentrasi. Jika Anda memerlukan banyak istirahat, tidur panjang setelah menghabiskan banyak waktu dengan orang lain, maka besar kemungkinan Anda adalah seorang introvert.
10. Lebih suka duduk di pojok, bagian belakang
Seorang introvert memiliki kecenderungan untuk lebih nyaman saat sendirian, saat tidak dikelilingi oleh orang lain. Hal ini biasanya terlihat saat mereka memilih tempat duduk, baik di kelas maupun di kendaraan umum. Orang-orang introvert jauh lebih suka duduk di belakang, atau di dekat jendela di mana mereka bisa berpikir dan melamun sendirian dengan lebih leluasa.
11. Lebih suka memiliki keahlian dalam satu bidang tertentu
Seperti yang sudah dijelaskan pada poin di atas, seorang introvert memiliki daya konsentrasi yang tinggi. Jika mereka sudah menyukai satu hal, mereka akan sangat tekun mendalami hal tersebut, mulai dari konsep paling dasar hingga yang paling mendetail. Sebaliknya, seorang ekstrovert lebih mudah merasa bosan dan saat mempelajari sesuatu mereka cenderung berpindah dari satu hal ke hal yang lain.
12. Kecenderungan untuk menghindari acara di mana Anda harus terlibat aktif di dalamnya
Misalkan acara-acara diskusi atau debat yang mengharuskan semua partisipan untuk berbicara dan mengungkapkan pendapat. Bagi seorang introvert, hal ini terasa sangat melelahkan, bahkan menakutkan. Mereka lebih suka datang ke acara di mana mereka bisa duduk diam dan menikmati acara tersebut, misal dalam pertunjukan musik atau pemutaran film.
13. Sering merasa tidak nyaman dengan telepon masuk
Seorang introvert memiliki kecenderungan untuk mem-filter telepon-telepon yang masuk, bahkan dari orang-orang terdekat. Sebelum mengangkat telepon, mereka melihat dulu siapa yang menelpon. Jika merasa sedang tidak siap atau tidak nyaman untuk berbicara, orang-orang introvert akan menghiraukan telepon tersebut. Biasanya, mereka akan menelpon balik jika sudah menemukan mood yang tepat.
14. Sering mengingat beberapa detail yang tidak diperhatikan oleh kebanyakan orang
Karena memiliki daya konsentrasi yang lebih tinggi saat mengamati sesuatu, seorang introvert cenderung mengingat beberapa detail yang biasanya dilupakan oleh sebagian besar orang. Saat menyaksikan sebuah pertunjukan musik, mereka tak hanya menikmati musik yang dimainkan, namun juga mengamati pakaian yang dipakai oleh penampil, kondisi penonton lain, serta berbagai detail kecil dalam pertunjukan.
15. Sering berdialog dengan diri sendiri
Seringkah Anda berbicara dengan diri sendiri saat sedang melamun, atau bahkan saat mengerjakan suatu pekerjaan? Salah satu ciri khas yang ditemukan dalam hampir semua orang introvert adalah kecenderungan mereka dalam berdialog dengan diri sendiri dalam frekuensi yang cukup tinggi. Mereka juga sering melakukan introspeksi dan kontemplasi, terutama saat sedang sendirian.
16. Memiliki tekanan darah rendah
Berdasarkan studi yang dilangsungkan oleh sekelompok ilmuwan Jepang di tahun 2006 ("Introversion associated with large differences between screening blood pressure and home blood pressure measurement: The Ohasama study."), disimpulkan bahwa orang-orang dengan sifat introvert cenderung memiliki tekanan darah rendah.
17. Sering dianggap lebih tua, lebih dewasa oleh orang-orang di sekitar
Karena sifatnya yang pendiam, sering berpikir, dan merenung; seorang introvert cenderung tampak lebih dewasa dari orang ekstrovert. Dari luar, mereka tampak sangat tenang, kalem, dan bisa mengontrol diri. Tak heran jika banyak orang yang melabeli orang-orang introvert sebagai sosok yang dewasa oleh orang lain.
18. Memiliki kemampuan menulis yang lebih bagus daripada kemampuan berbicara
Banyak introvert, contohnya adalah J.K. Rowling, pengarang novel Harry Potter, yang memiliki kemampuan menulis luar biasa. Karena mereka kurang nyaman mengungkapkan berbagai pikiran maupun perasaan mereka secara lisan, orang-orang introvert cenderung menumpahkannya melalui tulisan. Kebiasaan menulis inilah yang secara tidak sadar mengasah kemampuan mereka dalam merangkai kata melalui pena, baik dalam bentuk cerita, puisi, maupun artikel.
19. Memiliki ketertarikan yang lebih tinggi dalam berbagai hal abstrak
Carl Jung mengungkapkan bahwa kebanyakan introvert lebih tertarik pada konsep umum, gambaran besar, daripada konsep detail maupun teknis. Mereka menikmati diskusi dengan berbagai topik abstrak, seperti filosofi dan kritik seni. Saat berbicara tentang sejarah, mereka lebih tertarik pada latar belakang serta gambaran besar kejadian tersebut daripada detail-detail maupun fakta-fakta yang terjadi di dalamnya.
20. Tidak merasakan aktivitas santai saat liburan sebagai suatu hal yang membuang-buang waktu
Seorang introvert memerlukan banyak waktu sendirian untuk "mengisi baterai." Saat liburan, mereka merasa lebih nyaman untuk tidur-tiduran sendirian, menghabiskan waktu seharian di dalam rumah untuk membaca buku, menonton televisi, atau bermain game. Saat sedang berlibur ke tempat wisata pun, mereka bahkan tidak merasa sayang menghabiskan waktu seharian hanya berdiam diri di kamar hotel.
 
sumber : http://www.jurnalpsikologi.com/2014/05/20-tanda-anda-adalah-seorang-introvert.html

You Might Also Like

1 komentar: