IMF (International Monetary Fund)

05.22 Unknown 0 Comments

IMF
adalah sebuah organisasi yang mendorong dan memfasilitasi kerja sama moneter antara negara dan stabilitas pertukaran moneter. Ia juga bekerja untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan lapangan kerja di 184 negara-negara anggota dan memberikan bantuan sementara untuk negara. Tujuannya melampaui batas adalah untuk menghindari krisis keuangan lokal atau global, seperti Depresi Besar tahun 1930-an. Organisasi ini didirikan pada Juli 1944 di PBB Konferensi Moneter dan Keuangan di Bretton Woods, New Hampshire.

IMF adalah lembaga pemberi pinjaman terbesar kepada Indonesia. Lembaga internasional ini beranggotakan 182 negara. Kantor pusatnya terletak di Washington. Misi lembaga ini adalah mengupayakan stabilitas keuangan dan ekonomi melalui pemberian pinjaman sebagai bantuan keuangan temporer, guna meringankan penyesuaian neraca pembayaran. Sebuah negara akan meminta dana kepada IMF ketika sedang dilanda kiris ekonomi. Pinjaman tersebut terkait erat dengan berbagai persyaratan, yang disebut kondisionalitas. Mata uang IMF adalah SDR — Special Drawing Rights. Mulai 20 Agustus 1998, 1 SDR = US$ 1,33.
 
Dari negara-negara anggota PBB, yang tidak menjadi anggota IMF adalah Korea Utara,Kuba, Liechtenstein, Andorra, Monako,Tuvalu dan Nauru

You Might Also Like

0 komentar: